Penilaian Akhir Semester dalam Rangka Pengimplementasian Kurikulum Merdeka

Penulis: Rani Dian Iswari/Editor: Nanditha Zahra & Ekabdhia Dama

0
174
Siswa sekolah dasar SIJ yang tengah melaksanakan penilaian akhir semester

Minggu, 27 November 2022 merupakan hari dimulainya Penilaian Akhir Semester (PAS) yang dilaksanakan di Sekolah Indonesia Jeddah. Siswa-siswi yang berasal dari kelas 1 dan 4 sekolah dasar, kelas 7 sekolah menengah pertama, dan kelas 10 sekolah menengah atas, mulai sibuk mengerjakan soal ujian.  

Saat ini, pemerintah Indonesia sudah mencanangkan kurikulum baru bagi pendidikan Indonesia yang bernama kurikulum merdeka. Melalui kurikulum ini, konten pembelajaran akan dibuat lebih beragam dengan tujuan agar peserta didik mempunyai waktu yang cukup untuk menguatkan kompetensi dan mendalami konsep. Kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi sekolah untuk merancang sendiri standar operasional pendidikan agar lebih kontekstual. Oleh karenanya, proses pembelajaran akan berjalan sesuai kebutuhan para siswa. 

Penerapan kurikulum merdeka ini tidak hanya dilakukan di sekolah dalam negeri saja, tetapi juga di sekolah Indonesia di luar negeri. Salah satunya adalah Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ).  SIJ mengimplementasikan kurikulum merdeka dengan menyelenggarakan penilaian akhir semester secara tatap muka di kelas dengan dua sistem, yaitu pengerjaan menggunakan kertas dan pengerjaan secara online menggunakan sistem JIBAS. Ujian dengan kertas dilakukan oleh siswa kelas 1 sekolah dasar. Sementara itu, ujian dengan sistem JIBAS dilaksanakan oleh kelas 4 sekolah dasar, kelas 7 sekolah menengah pertama, dan kelas 10 sekolah menengah atas. Pelaksanaan penilaian akhir semester ini dilakukan sejak 27 November hingga 4 Desember 2022. 

Penilaian akhir semester dengan sistem ini dapat berjalan efektif karena mayoritas siswa SIJ mempunyai gawai. Selain itu, SIJ juga dilengkapi lab komputer yang memadai. Penerapan penilaian akhir semester dengan sistem ini memberikan efektivitas secara waktu dan logistik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here