Semangat Ekstrakurikuler Dalam Masa Pandemi

Tak ada kayu, rotanpun jadi. Begitulah ungkapan yang dapat disandingkan dengan keuletan guru-guru SIJ beserta peserta didiknya yang tetap melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.

Sebanyak 25 jenis ekstrakurikuler yang diadakan di SIJ. Namun memasuki bulan September 2021 hanya beberapa ekskul saja yang dapat dilaksanakan secara online seperti melukis, tari, BTQ, silat dsb masih dilakukan secara online.

Ekstrakurikuler yang melatih kemampuan otot dan ketrampilan seperti silat dan seni tari, ternyata masih tetap berlangsung di rumahnya masing-masing secara online. Misalnya ekstra silat, mereka rela berlatih secara online.
Pada pelaksanaannya tentu hal ini sangat sulit dilakukan, misalnya saja belajar silat, mereka harus berdiri 2 m di depan HP mereka lalu berdiri di hadapan kamera, kemudian melakukan instruksi secara online. Tentu ini menjadi hal yang luar biasa karena sangat sulit bagi guru dan siswa melakukan hal tersebut.

Selain ekstrakurikuler yang dilakukan secara virtual atau daring (dalam jaringan), ada juga sebagian ekstrakurikuler yang dilakukan secara luring (luar jaringan) dengan bertatap muka langsung, tentunya dengan tetap memprioritaskan standar protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan sering mencuci tangan dengan sabun. Untuk saat ini pun ekstrakurikuler yang dilakukan sEcara luring hanya dapat dihadiri oleh murid SMP dan SMA yang telah mendapatkan dosis vaksin covid-19 sebanyak 2 kali dengan dibuktikan melalui aplikasi buatan pemerintah setempat yang bernama “tawakalna”. Hal ini sudah sesuai kebijakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi terkait syarat dan ketentuan untuk pembelajaran tatap muka terbatas di sekolah.

Selain sebagai ajang penyaluran ekspresi peserta didik terkait dengan bakat dan minatnya, kegiatan ekstrakurikululer juga bisa dimanfaatkan untuk ajang peningkatan citra sekolah dalam kaitannya dengan peraihan medali atau piala dalam setiap event kejuaraan yang diselenggarakan pihak internal ataupun eksternal.

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kabar Terbaru

Bincang – Bincang Siswa SI Jeddah di Saudi International Radios

23 September 2021, bertepatan dengan Hari Nasional Arab Saudi, sebanyak lima siswa SIJ yaitu Muhammad (12 IPS), Muhammad Kholid (12 IPS), Fajar...

Video English Project buatan siswa

Wow! Kreativitas dalam pelajaran bahasa inggris yang satu ini memang luar biasa. Dua karya dalam tugas kelompok pelajaran bahasa inggris kelas 8,...

Kategori