Setelah terhenti sementara akibat pandemic Covid-2019, Jeddah Season kembali hadir di tengah-tengah masyarakat Jeddah. Dibawah slogan “our lovely days”, festival seni dan hiburan terbesar di kota Jeddah tersebut digelar selama dua bulan dari Bulan Mei sampai Juli 2022. Jeddah Season 2022 menghadirkan 2800 atraksi menarik, hiburan, dan pertunjukan seni dan budaya. Festival ini menjadi refleksi kekayaan budaya masyarakat Jeddah sekaligus menunjukkan bahwa Jeddah adalah destinasi wisata penting di Arab Saudi. Sembilan lokasi yang dipilih sebagai tempat berlangsungnya Jeddah Season adalah Jeddah’s Superdome, Al-Jawhara Stadium, Jeddah Jungle, Jeddah Yacht Club, Jeddah Art Promenade, Jeddah Pier, Prince Majid Park, City Walk dan Al-Balad. 

Ditengah gegap gempitanya perayaan Jeddah Season 2022, salah satu perwakilan dari event organizer Jeddah Season menghubungi Konsulat Jendral Republik Indonesia dan kemudian menghubungi Sekolah Indonesia Jeddah untuk berpartisipasi di acara budaya di Prince Majid Park. Mengusung judul “Indonesian Night”, Jeddah Season menghadirkan beberapa pemusik, penyanyi, DJ, dan penari Indonesia yang tinggal di Jeddah. Seperti yang disampaikan melalui telpon, Ms. Farah (stage manager) menyatakan bahwa acara ini menjadi ajang perkenalan budaya Indonesia pada masyarakat Jeddah. Tentu kesempatan ini tidak bisa dilepaskan. 

https://www.instagram.com/jeddahseasonsa/

Pada tanggal 20 Mei 2022, 10 siswa dari Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) menampilkan empat tarian di stage utama Prince Majid Park. Taman yang didesain dengan ciamik tersebut memiliki beberapa stage untuk pertunjukan musik dan acara hiburan lainnya. Ratusan pengunjung memadati taman sejak pukul 17.00 sore untuk mendapatkan spot terbaik. Sambil menunggu acara dimulai, pengunjung duduk ditaman sambil menikmati waktu bersama keluarga. Begitu acara dimulai, pengunjung bergerak memadati area stage utama.  Najmah, Wilda, dan Maemunah dari kelas 10 dan 11 SIJ tampil pertama dengan tarian Merak. 20 menit kemudian siswi SIJ kembali memukai pengunjung dengan tarian Ruai, dilanjutkan dengan tarian Ondel-Ondel dan Medley Nusantara. 

Tari Merak dibawakan oleh 3 siswi SIJ pada Indonesian Night di Jeddah Season.https://youtu.be/_MMKj4Jeybc

“Bangga sekali menjadi bagian dari acara besar ini. Kami bisa menunjukkan keragaman kekayaan Indonesia dan kecantikan budaya kami pada masyarakat luas,” jawab Wilda Ketika ditanya salah satu media lokal tentang perasaannya tampil di salah satu panggung Jeddah Season. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat umum, KJRI Jeddah juga memberikan dukungan. Hadir di acara tersebut adalah Bapak Muhammad Ilham, Pelaksana Fungsi Pensosbud 2, dan Bapak Ahmad Muhammad, Pelaksana Fungsi Pensosbud 2, Bapak Sutikno, Kepala Sekolah Indonesia Jeddah, beserta keluarga. Melihat antusiasme masyarakat, siswa SIJ berharap tahun depan bisa kembali menjadi bagian dari Jeddah Season.

Para penari dari Sekolah Indonesia Jeddah pada Indonesian Night di Jeddah Season.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here