Kunjungan Siswa Sekolah Indonesia Jeddah di KRI Sultan Iskandar Muda (KRI SIM-367)

Pada Hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2022 Sebagian siswa dari Sekolah Indonesia Jeddah dan Mekkah berkesampatan menyambut Kapal Perang Republik Indonesia Sultan Iskandar Muda (KRI SIM-367) yang bersandar di Pelabuhan Islam Jeddah dari tanggal 10-12 Agustus 2022. Penyambutan ini bertujuan untuk memperkenalkan KRI Sultan Iskandar Muda-367 kepada pelajar asal Indonesia yang bersekolah di Arab Saudi khususnya Kota Jeddah dan Mekkah.

Pejabat Pemerintah Indonesia yang hadir dalam penyambutan tersebut antara lain yaitu Konjen KJRI Jeddah, Bapak Eko Hartono, Atase Pertahanan (Athan) dan Atase Angkatan Laut (Atal) RI Riyadh Arab Saudi, Home Staff KJRI Jeddah, Local Staff KBRI Riyadh, Perwakilan Angkatan Laut Arab Saudi, Atdikbud RI Riyadh, Bapak Badrus Sholeh.

KRI SIM-367 bersandar di pelabuhan Islam Jeddah dalam rangka mengisi ulang logistik dalam rangka kembali ke Indonesia dari penugasan Maritime Task Force (MTF) United Nations (UN), suatu program kerjasama antar negara untuk dalam membentuk Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB.

Siswa Sekolah Indonesia Jeddah yang mengikuti kunjungan kapal ini mendapat penjelasan tentang berbagai macam bagian-bagian kapal. Dimulai dari Anjungan Kapal yaitu ruang komando kapal di mana ditempatkan roda kemudi kapal, peralatan navigasi untuk menentukan posisi kapal berada dan biasanya terdapat kamar nakhoda dan kamar radio. Anjungan ini ditempatkan pada posisi yang mempunyai jarak pandang yang baik kesegala arah. Dilanjutkan dengan mengenal bagian-bagian kapal lain diantaranya ruang kontrol, ruang makan dan beberapa ruang istirahat pra kru Sultan Iskandar Muda.

Setelah mengikuti tour mengenal bagian-bagian kapal, para siswa diperlihatkan dokumentasi foto dan video perjalanan para kru KRI SIM-367 selama mengikuti program MTF UN ini. Selama kegiatan menjaga perdamaian dunia, para kru juga memiliki kegiatan-kegiatan pendukung untuk menghilangkan rasa jenuh dan kegiatan dalam bentuk diplomasi dan promosi kebudayaan Indonesia melalui kerjasama dengan berbagai Perwakilan Indonesia pada negera yang dilewati oleh KRI SIM-367. Di akhir kegiatan kunjungan kapal, para siswa diberikan kuis berhadiah yang telah disiapkan oleh para Kru KRI Sultan Iskandar Muda.

“Kunjungan Kapal kali ini sangat menyenangkan, banyak sekali ilmu yang kami peroleh pada kunjungan kali ini. Diantaranya tentang bagian-bagian yang ada kapal perang, sistem kemudi kapal, dan kehidupan para kru selama berada di lautan” Salah Satu komentar Ariska, Siswa Sekolah Indonesia Jeddah.

Selama sandar di Pelabuhan Jeddah, para Kru KRI SIM-367 juga memiliki beberapa agenda city tour di Jeddah. Sebagian Kru yang beragama islam juga berkesampatan melaksanakan Ibadah Umrah di Kota Mekkah dan Ziarah kota Madinah. Rencana tolak KRI SIM menuju pelabuhan berikutnya adalah di Salalah, Oman.

Related

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kabar Terbaru

Kunjungan Siswa Sekolah Indonesia Jeddah di KRI Sultan Iskandar Muda (KRI SIM-367)

Pada Hari Rabu, tanggal 10 Agustus 2022 Sebagian siswa dari Sekolah Indonesia Jeddah dan Mekkah berkesampatan menyambut Kapal Perang Republik Indonesia Sultan...

HASIL SELEKSI FINAL PENERIMAAN GURU BANTU SEMENTARA TAHUN 2022

HASIL SELEKSI FINALPENERIMAAN GURU BANTU SEMENTARASEKOLAH INDONESIA JEDDAHTAHUN 2022 Dalam rangka memenuhi kebutuhan Guru pada Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah...

PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PENERIMAAN GURU BANTU SEMENTARA SEKOLAH INDONESIA JEDDAH TAHUN 2022

A. INFORMASI UMUM Dalam rangka memenuhi kebutuhan Guru Sekolah Indonesia Jeddah, Komite Sekolah telahmembuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang...

Kategori